Kamis, 03 Februari 2011

Belajar dan Bermain Rambu - Rambu lalu Lintas

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
Belajar rambu –rambu lalu lintas disertai canda tawa ceria keluar dari mulut-mulut mungil anak –anak TK yang tengah asyik bermain. Mereka hanyut dalam arena permainan karet raksasa, bola  ayunan, kerosel, kereta api, perosotan atau permainan lainnya . Ya! itulah arena bermain di Taman lalu lintas Saka Bhayangkara, Cibubur.

Belajar sambil Bermain inilah yang diterapkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya dalam memberikan pengetahuan tentang lalu lintas kepada anak-anak diusia dini. Sekitar 200 siswa –siswi dari empat TK di wilayah Ibukota mengikuti pelatihan Polsanak (Polisi Sahabat Anak ) di Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara, Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim), Rabu (02/02/2011). 

Unit Dikmas Lantas Polda Metro Jaya (PMJ) dipimpin IPDA Siti Prihidayati beserta 4 orang anggotanya Aiptu Dharmi, Aiptu Wawin, Bripka Neni dan Aiptu Ponco memberikan pendidikan tentang peraturan-peraturan, sopan santun dan disiplin lalu lintas kepada anak-anak. 

Siti menambahkan, kegiatan lni sebagai upaya edukatif dalam memberikan pendidikan berlalu lintas sejak usia dini. Dengan pendekatan sambil bermain, sangat efektif untuk merangsang kemampuan anak-anak dalam menyerap ilmu pengetahuan.

Selain diberikan tentang peraturan lalu lintas , anak –anak TK pun diberikan pelatihan simulasi seperti berjalan di jalan raya yang baik dan benar, berhenti di halte bus dan cara menyebrang dengan menggunakan zebra cross.

“ Kegiatan ini bertujuan agar mengenal pengetahuan lalu lintas sejak dini, sehingga ketika dewasa akan lebih disiplin dalam berlalu lintas,”ujar Ipda Siti didampingi Bintara Operasional Taman lalu lintas Aiptu Ponco Susilo. Selain itu, lanjut Siti,  Dalam kegiatan lni Juga diberikan hadiah kepada para siswa –siswi TK yang berhasil menjawab setiap pertanyaan.

Sementara itu salah satu Kepala Sekolah PAUD Hamka, Bojong, Depok sekaligus juga orang tua siswa TK, Nus Mustika (40) mengatakan dengan kegiatan ini anak-anak semakin mengenal lebih dekat tentang peraturan lalu lintas dan personil kepolisian. selain itu hal ini juga merupakan program kurikulum TK tentang Transportasi.

“ Ini sangat bagus anak-anak diperkenalkan dengan rambu-rambu lalu lintas. Selain itu kegiatan ini termasuk dalam program kurikulum TK kami,” jelasnya.

Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara Cibubur. merupakan sarana rekreasi murah meriah bagi keluarga khususnya anak-anak. Harga tiket masuk Rp. 4.000. Sedangkan harga tiket untuk setiap wahana permainan rata-rata Rp. 3.000.

Ingin berkunjung ke Taman lalu lintas Saka Bhayangkara Cibubur baik rombongan TK maupun Keluarga silahkan hubungi Bintara Operasional Taman Lalu lintas Aiptu Ponco Susilo di no 0856 1124 690.

Belajar sambil Bermain akan menyeimbangkan perkembangan emosional anak.
Sumber : NTMC

5 komentar :

  1. Chomank UDhi mengatakan... :

    Pertama maen disini berharap disambut dengan ramah. sobat jika bersedia saya ingin mengajak sobat saling follow dan tukar link. ditunggu kunjungan baliknya disini

    Round the World

  1. ID Creative mengatakan... :

    salam kenal untuk bapak yang semoga ramah"hhehehe"
    oya ni saya dah follow.. follow balik ya??
    oya tukeran link donk...

  1. Chomank UDhi_ terima kasih sudah mau mampir, ok ditunggu ya.. hehe

  1. ID Creative_ salam kenal balik mas, kita orang Indonesia selalu ramah.. hehe
    ok ok ok...

  1. wanacesh mengatakan... :

    ha3,,comelnya adik2 kat indonesia ye,,nice activity for them,,play while study,,im malaysian dan rambu-rambu tu apa maksudnya ye,,haha

    Haru biru di Malaysia ala-ala Mesir!

Posting Komentar