Selasa, 30 Agustus 2011

Jenis Kecelakaan Yang Sering Terjadi Pada Saat Mudik

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info mudik 2011   =>   Angka kecelakaan saat mudik Lebaran masih terbilang tinggi. Banyak faktor yang menyebabkan jalur mudik bisa membuat jiwa melayang. Kepala Posko Operasi Ketupat Korlantas Polri, Ajun Komisaris Besar Polisi Pringadi, menerangkan ada delapan jenis kecelakaan yang biasanya terjadi saat mudik Lebaran.  

Yang paling banyak terjadi adalah tabrakan depan-depan atau "adu banteng". Pada H-6 Lebaran tahun lalu, korban kecelakaan jenis ini melibatkan 79 orang, sedangkan pada 2011 ini, korbannya mencapai 81 orang.

"Ini terjadi pada jalur mudik yang tidak memiliki median jalan. Biasanya terjadi di jalur mudik Jawa," ujar Pringadi. 

Kecelakaan tunggal juga masih terbilang banyak. Mengantuk dan mengendarai sepeda motor lebih dari dua orang, menjadi penyebab utama. Pada tahun lalu, juga pada H-6 Lebaran, kecelakaan jenis mencapai 25 kasus, sedangkan pada 2011 sudah terjadi 16 kali.

Untuk semua jenis kecelakaan itu, ada 14 penyebab yang harus dihindari, di antaranya mengantuk, melaju terlalu cepat, mabuk, sakit, menggunakan handphone sambil mengendara, berboncengan lebih dari satu orang, faktor alam, kelaikan kendaraan, prasarana jalan, rambu, marka, dan lintasan kereta api.

Menurut data, jumlah tertinggi penyebab kecelakaan adalah karena berboncengan lebih dari satu orang, kedua karena mengantuk dan Kelaikan kendaraan juga tidak boleh dianggap enteng.
 
Sumber : NTMC

1 komentar :

  1. aneh92 mengatakan... :

    mantap postingan ny gan,,
    NICE FOR SHARE

Posting Komentar