Rabu, 05 Oktober 2011

Lebih Dari 1,3 Juta Orang Tewas Dalam Tabrakan Lalu Lintas Tiap Tahunnya

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info lantas   =>   Pilihlah sebuah surat harian dari Negara manapun di dunia, dan kemungkinan besar anda akan menemui paling tidak satu judul tentang sebuah kecelakaan lalu lintas, “wabah” tabrakan lalu lintas di dunia dan korban jiwa dan cedera yang ditimbulkannya telah menimbulkan keprihatinan yang mendalam dikalangan pemerintah di seluruh dunia.

Diseluruh dunia, lebih dari 1,3 juta orang tewas dalam tabrakan lalu lintas tiap tahunnya. Ini berarti 3.500 nyawa lihalng dijalan tiap harinya, atausatu kematian terjadi setiap 30 detik. Selain korban jiwa, setiap kecelakaan lalu lintas mengakibatkan 50 juta orang cedera.

Dipenjuru dunia, kompleksnya permasalahan keselamatan jalan sudah menjadi rahasia umum. Ditahun 2004, sebuah prakarsa bersama WHO dan Bank Dunia menghasilkan World Report on Road Traffic Injury Prevention. Di tahun 2009, sejumlah menteri dari pemerintahan 70 negara berkumpul di Moskow untuk Konferensi Menteri dunia yang pertama kali mengenai keselamatan jalan. Konferensi ini menghasilkan Ikrar bersama untuk menjalankan upaya dalam keselamatan jalan dan untuk secara resmi meminta PBB mendeklarasikan tahun 2011 – 2020 sebagai satu dekade aksi keselamatan jalan. Sebagai tindakan lanjutnya, pada tanggal 2 maret 2010, Majelis Umum PBB mengadopsi revolusi tersebut.
Kematian Akibat Tabrakan Lalu Lintas Lebih Banyak Terjadi di Negara-negara berpenghasilan rendah.

Terdapat kabar baik bahwa tingkat kematian di jalan di berbagai Negara dengan tingkat penghasilan lebih tinggi umumnya rendah dan semakin menurun. Kabar buruknya adalah di sebuah Negara berpenghasilan rendah, tingkat korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas umumnya tinggi dan cenderung meningkat. Lebih dar 85 persen dari tingkat kematian dan korban luka akibat tabrakan lalu lintas terjadi di sejumlah Negara berpendapatan rendah dan menengah, walaupun tingkat kepemilikan kendaraan bermotor warga Negara tersebut kurang dari 40 persen.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini memperkirakan bahwa jika tidak dimabil tindakan, tingkat kematian akibat tabrakan lalu lintas akan meningkat dari 1,3 juta di tahun 2004 menjadi 2,4 juta ditahun 2020, yang akan menjadikan penyebab kematian dini terbesar kelima didunia. Peningkatan jumlah ini terutama akan terjadi beberapa Negara berpenghasilan rendah dan menengah seiring meningkatnya tingkat kepemilikan kendaraan bermotor.
<continued>

8 komentar :

  1. out mengatakan... :

    ngeri ya gan. ga sadar kita

  1. denyy mengatakan... :

    lebih parah dari bencana alam neh, ngeri juga ya

  1. informasi yang bermanfaat khususnya bagi pengguna jalan raya agar berhati-hati untuk mencegah terjadinya tabrakan

  1. bunggsu mengatakan... :

    maka dari itu haruslah berhati hati di saat kita mengendarai kendaraan

  1. Beben Koben mengatakan... :

    dah saya bilang...mesin pembunuh nomor 1 di indo khususnya yaaa jalan raya bos....hihihiih
    kalo diliat dari statistik gito loh :D

  1. BRI Jakarta Veteran mengatakan... :

    wah sungguh memperihatinkan sekali ternyata jumlah korbannya sangat banyak ...

  1. Yudi Herdiana mengatakan... :

    serem amat liat photonya ampe remuk gtu mobil.. hehe

  1. mntt mengatakan... :

    mantab mas bro

Posting Komentar