Selasa, 21 Februari 2012

Optimalkan Road Safety Patnership Competition 2012

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info lantas   =>   Tahun 2012, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya beserta instansi terkait bidang lalu lintas kembali menyelenggarakan Road Safety Partnership Action dan Revitalisasi Kawasan Tertib Lalu Lintas.
Program yang kemas dalam sebuah kompetisi ini dimaksudkan untuk memotivasi dan mendorong para pemangku kepentingan bidang lalu lintas di tingkat kota/kabupaten se-DKI Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, beserta komunitas pecinta tertib lalu lintas untuk bersama-sama mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah masing-masing. Ini sekaligus sejalan dengan renstra Polri tahap II 2010 - 2014 Patnership Building.
Adapun tujuannya untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas melalui kegiatan bersama dan sinergi. Sehingga, terwujud kepatuhan dan disiplin lalu lintas dalam rangka mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran serta kemacetan lalu lintas.
Sebenarnya, program ini telah dilaksanakan sejak lama. Namun, hasilnya masih dianggap belum optimal. Oleh karena itu, selama setahun ke depan, dimulai tanggal 16 Februari 2012 s/d 16 Januari 2013, Road Safety Partnership Action dan Revitalisasi kawasan Tertib Lalu Lintas kembali digelar.
"Kegiatan ini sangat baik dalam menunjang kelancaran lalu lintas. Diharapkan dapat memberikan solusi bagaimana memberikan upaya yang tepat dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat," ujar Wadir Lantas PMJ AKBP Drs. Wahyono, M.Hum, saat memimpin rapat koordinasi pelaksanaan Revitalisasi KTL dan road safety and partnership action di Aula TMC Polda Metro Jaya, Kamis (16/02/2012).
"Kawasan tertib lalu lintas bukan hal yang baru, tetapi hasilnya masih belum optimal. oleh karena itu, mari para stake Holder untuk bersama-sama bahu-membahu dan meyatukan persepsi guna menyukseskan program ini. Yang kita laksanakan adalah demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan masyarakat," tandasnya.
Persiapan Sat Lantas Jakarta Selatan
Sat Lantas Jakarta Selatan sangat antusias dalam menyambut Road Safety Patnership Competition 2012. Terbukti, sejak dini telah mempersiapkan diri dengan matang ditandai dengan menggelar rapat koordinasi bersama para stakeholder pada dua pekan yang lalu.
"Bersama para stakeholders, diharapkan program ini menjadi lebih terfokus. Selain itu, kami dan para stakeholder seperti PU Jakarta Selatan, Sat Pol PP Jakarta Selatan, Dishub Jakarta Selatan, dan Jasa Raharja Jakarta Selatan juga akan bekerja lebih keras dalam menjalani fungsi tugas dan kewenangannya masing–masing seperti," Ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan AKBP. Supriyanto, Selasa(08/02/2012).
Adapun area blackspot di kawasan Jakarta Selatan adalah ruas jalan Teuku Nyak Arif sampai jalan Irkandar Muda Kebayoran Lama. Lokasi ini butuh perhatian lebih lantaran sempitnya ruas jalan yang ada, banyaknya penyeberang jalan, jalur pedestrian yang dialihfungsikan oleh pedagang kaki lima hingga terjadinya genangan air saat hujan turun.
Namun, sebenarnya area ini sudah mengalami progres yang terus menerus. Terbukti, berdasarkan data kecelakaan lalu lintas Sat Lantas Jaksel dari tahun 2009 hingga 2011, angka kecelakaan di area blackspot tersebut terus mengalami penurunan.
Sementara itu, kawasan tertib lalu lintas di Jakarta Selatan mencakup jalan Darmawangsa 13, Traffic Light Blok A, jalan Panglima Polim, hingga Traffic Light Monalisa. Dan tahun ini, pembenahan demi pembenahan akan terus dilakukan demi terciptanya KTL yang baik.
"Pengaturan lalin di lapangan akan terus ditingkatkan, seperti di depan Pasar Blok A yang selalu ramai oleh penyeberang jalan. Selain itu, sarana dan Prasarana juga perlu mendapat perhatian, seperti tidak adanya garis stop dan zebra cross pada Traffic Light Dunia Buah," ujar AKP. Telly Bahute, selaku Kanit Dikyasa Sat Lantas Jakarta Selatan.
Dan harapannya, dengan penanganan yang matang bersama para stakeholder, area blackspot dapat ditangani dengan baik hingga akhirnya benar-benar mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain itu, revitalisasi yang baik juga akan kian menyempurnakan kawasan tertib lalu lintas.

0 komentar :

Posting Komentar