Rabu, 17 Oktober 2012

Tiap Jam Tiga Nyawa Melayang Sia-sia Kerena Kecelakaan Lalu Lintas

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
Statistik menunjukkan jumlah kecelakaan lalu lintas makin meningkat dari tahun ke tahun. Catatan dari kepolisian, jumlah kecelakaan lalu lintas di tahun 2012 dari Januari hingga Juli mencapai angka 69.345 kecelakaan.
 
Dari jumlah tersebut 31.185 orang meninggal dunia. Jika dihitung per jam, sekitar tiga orang kehilangan nyawa sia-sia akibat kecelakaan lalu lintas.
Catatan kepolisian menunjukkan, dari total kecelakaan yang ada, sebanyak 81 persen disebabkan faktor manusia. Faktor manusia itu diindikasikan lewat pelanggaran atau tidak mematuhi peraturan lalu lintas, sisanya merupakan faktor teknis, alam dan lain sebagainya.
Hal itulah yang membuat pihak kepolisian berusaha untuk mengkampanyekan kesadaran untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan keselamatan dalam berkendara.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan juga presiden dunia lainnya menerima amanat   dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melaksanakan Road Safety  Partnership Action, karena kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu faktor penyebab  kematian di dunia," ujar Nanan Sukarna, saat menghadiri Jambore Otomotif Nasional di Pangandaran, Jawa Barat, akhir pekan lalu.
Di hadapan sekitar 5.000 peserta yang terdiri dari pengguna kendaraan bermotor roda dua dan empat dari seluruh penjuru Indonesia tersebut, Nanan yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga menegaskan pencegahan kecelakaan bukan hanya tanggung jawab pihak kepolisian saja.
"Jadilan pelopor berlalu-lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Dengan melakukan itu, kami berharap jumlah kecelakaan lalu lintas bisa ditekan," ujar Nanan.
Jadi para pengendara kendaraan bermotor jika ditanya siapakah kita? Jangan lupa menjawab saya adalah pelopor keselamatan berlalu lintas. Semangat itu yang harus ditanamkan agar menjadi budaya positif demi keselamatan dan keamanan di jalan," pungkas Nanan disambut tepuk tangan para peserta.

http://ntmc-korlantaspolri.blogspot.com/2012/10/tiap-jam-tiga-nyawa-melayang-sia-sia.html

0 komentar :

Posting Komentar