Jumat, 21 Januari 2011

Pengaruh Informasi terhadap Generasi Muda

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
Di era informasi yang begitu cepat serta serba instant dengan kwantitas dan kualitas informasi yang susah di filter lagi, peran orangtua saat ini sangat penting untuk mendampingi anak anak kita menyerap dan menerima informasi yang mereka terima.

Contoh salah satu saja informasi melalui media televisi, yang saat ini begitu gencar dan sangat mempengaruhi sosial masyarakat serta bisa membentuk suatu opini di suatu masyarakat itu sendiri
Yang terkadang informasi itu belum tentu benar adanya, dan cocok bagi budaya adat  ketimuran orang Asia pada umumnya. Film film kekerasan serta berbau pornografi sering menghiasi layar kaca kita.

Oleh sebab itu peran orangtua sangatlah penting, dalam memberikan filter serta bimbingan kepada anak anak, terutama yang akan beranjak remaja serta dewasa, sedini mungkin penjelasan serta bimbingan perlu di berikan . Contoh baik seperti penjelasan tentang pendidikan sex, etika pergaulan, dan tindak kekerasan antar pelajar seperti tawuran dan kekerasan pelajar ( bullying ).

Peran selanjutnya adalah pendekatan para orang tua dalam bidang agama terhadap anak anak mereka. Karena kalo remaja sudah tidak lagi mengenal agama tentunya ini sangat mengkhawatirkan dan ironi sekali. Indonesia terkenal dengan negara yang religus, semua agama di ayomi serta di lindungi oleh negara. Jadi pendekatan melalui media elektronik seperti siaran pengajian di tv-tv serta radio oleh dai kondang tentu sangat besar pengaruhnya dalam membentengi anak dari pengaruh jelek dunia kekerasan serta sexual.

Kembali kepada kita selaku orangtua harus lebih peka dan lebih dekat kepada anak anak kita melalui komunikasi yang baik , tidak bersifat arogan dan lebih mendudukan anak sebagai rekan / mitra / partner hidup kita dan pahami apa kemauan anak. Carikan solusi terbaik untuk pemecahan masalahnya, bila komunikasi baik dan terbangun dengan selaras - seimbang tentu akan menciptakan benteng yang kokoh dari pengaruh negatif arus informasi yang begitu deras saat ini.

0 komentar :

Posting Komentar