Minggu, 06 Februari 2011

KINI JORR DAPAT TRANSAKSIKAN E-TOLL CARD

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
Jasa Marga Kembali memperluas wilayah transaksi e-toll card, yaitu pada ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR). Penggunaan e-toll card yang bekerjasama dengan Bank Mandiri ini dapat ditransaksikan di ruas JORR  mulai tanggal 16 Desember 2010 lalu.  JORR sepanjang 45 km, dioperasikan oleh PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ) anak perusahaan Jasa Marga.
Menurut Direktur Utama Jasa Marga, Frans. S. Sunito, program transaksi e-toll card ini merupakan salah satu bentuk modernisasi perusahaan untuk meningkatkan pelayanan yang mendapat sambutan positif dari masyarakat, terutama pengguna jalan. "Pada tahun 2009 lalu jumlah pengguna kartu prabayar E-Toll baru sebesar 1 persen, maka 2010 ini  pertumbuhannya menanjak pesat yakni tumbuh sebesar 6 persen," tambah Frans.

Sebelumnya e-toll card hanya dapat ditransaksikan di ruas Jalan Tol Dalam Kota (CTC), Ruas Jalan Tol Sedyatmo (Tol Bandara), dan Gerbang Tol Pondok Gede Barat (khusus exit).  Setelah penerapan E-Toll card di ruas tol JORR, Jasa Marga akan segera menerapkan di ruas Jalan tol Jakarta-Cikampek-Bandung yang melalui Cipularang serta ruas Jalan Tol Jagorawi pada tahun 2011 mendatang.

Jasa Marga menargetkan pada pertengahan tahun 2011 seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga dan anak perusahaan sudah dapat menerapkan E-Toll Card, dengan jumlah pengguna e-toll card sekitar 30 persen dari total pengguna jalan tol.

Frans mengungkapkan saat ini Jasa Marga sedang mengembangkan sistem transaksi tol tanpa henti, dimana kartu E-Toll tersebut hanya ditempatkan pada kendaraan, dan dapat dibaca oleh sensor sehingga transaksi pembayaran tol dapat dilakukan tanpa berhenti.

Demikian pula untuk kemudahan dalam mengisi ulang (top up) e-toll card, Frans mengharapkan agar pihak Bank Mandiri dapat membantu pengguna e-toll card  dalam mengisi ulang dengan mudah, misalnya menggunakan ATM terdekat.

NB : E-toll Card diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang terjadi dibeberapa ruas toll.

Sumber : NTMC

0 komentar :

Posting Komentar