Senin, 07 Februari 2011

Inovasi Dan Kreasi Dalam Memberikan Pelayanan Public

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
Oleh : Kompol Agus Fajaruddin, SIK
Setelah melewati beberapa proses pentahapan seleksi yang cukup lama, akhirnya pelayanan komputerisasi BPKB subdit min regident Dit Lantas Polda Kalsel meraih piala Citra pelayanan prima 2010 dari Presiden Republik Indonesia. 

Seleksi untuk meraih piala yang diperebutkan setiap 2 tahun sekali ini, berlangsung hampir 8 bulan. Menempatkan pelayanan komputerisasi BPKB subdit min regident Dit Lantas Polda Kalsel, dinilai telah berhasil menciptakan inovasi perbaikan dalam upaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan pelayanan BPKB dan masuk dalam predikat amat baik sekali dari pemerintah, khususnya menteri negara pendayagunaan aparatur negara dan birokrasi reformasi Republik Indonesia. 

Piala diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak dr. Budiono dan diterima langsung oleh Direktur Lalu lintas Polda Kalsel Kombes Pol Endro Suharsono, S.AP, pada acara penganugerahan piala citra pelayanan prima bagi unit pelayanan publik terbaik 2010 tanggal 15 Desember 2010 bertempat di Istana Wakil Presiden RI di Jakarta.
Dengan diraihnya piala Citra Pelayanan Prima tahun 2010 ini, akan memperkuat Komitmen Direktorat Lalu lintas Polda Kalsel. Untuk terus meningkatkan, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kalimantan Selatan. 

Direktorat Lalu lintas Polda Kalsel, pun mengapresiasi kepada pemerintah; khususnya kementerian pendayagunaan aparatur negara dan birokrasi reformasi Republik Indonesia yang selama ini memberikan arahan serta perhatian, sehingga pelayanan komputerisasi BPKB subdit min regident Dit Lantas Polda Kalsel dapat meraih piala Citra pelayanan prima ini.
Prestasi yang telah dicapai ini, tentunya juga tidak terlepas dari dukungan semua pihak yang telah mendukung Direktorat Lalu lintas Polda Kalsel dalam memberikan pelayanan yang terbaik. 
 
Unit pelayanan komputerisasi BPKB, Dit Lantas Polda Kalsel meraih piala Citra pelayanan prima ini bukan tanpa alasan, sederet inovasi dan kreasi telah berhasil ditorehkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat antara lain mendapatkan sertifikat ISO 9001-2000, penghargaan dari museum rekor dunia Indonesia (Muri) serta penghargaan piagam Citra pelayanan prima tahun 2008 dari Menpan RI. 

Sementara, inovasi yang telah dikembangkan yaitu komputerisasi pelayanan BPKB serta program on line Bpkb yang terintegrasi dengan Samsat Se-Kalimantan Selatan dan main dealer kendaraan bermotor Se- Kalimantan Selatan.
Komitmen Direktorat Lalu lintas Polda Kalsel, dalam memberikan pelayanan prima Polantas kepada masyarakat terus digalakan, mulai dari memberikan pelayanan zero complain kepada masyarakat, ditambah dengan kesiapan administrasi dan kelengkapan instrument pelayanan terus ditingkatkan. 

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan, “keberhasilan Polri dalam meraih penghargaan ini, disebabkan inovasi dan kreasi dalam memberikan pelayanan public,” ujar E.E. Mangindaan, hadir dalam penyerahan piala pelayanan Citra ini.
Penilaian terhadap penghargaan untuk unit pelayanan publik ini, dilakukan oleh tim dari kantor kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, akademisi, dan tim pendamping dari Polri. 


Selain unit pelayanan komputerisasi BPKB Subdit Min Regident Dit Lantas Polda Kalsel, Sebanyak 83 Unit pelayanan publik yang telah berhasil menciptakan inovasi dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan pelayanan menerima penghargaan piala Citra Pelayanan Prima (CPP).
Berdasarkan hasil penilaian tim penilai pusat dan rekomendasi tim panel, serta sidang tim penitia penentu akhir (pantuhir) yang diketuai menteri negara pan dan RB E.E. Mangindaan tanggal 5 Oktober 2010, penerima piala CPP ini mendapat predikat amat baik sekali.
Selain penerima piala CPP, sebanyak 121 unit pelayanan publik yang dinilai baik dan cukup baik, mendapat penghargaan piagam Pratama dan madya yang diserahkan oleh menteri negara pan dan RB E.E. Mangindaan.
Sukses!

0 komentar :

Posting Komentar