Rabu, 23 Maret 2011

ERP, Benarkah Solusi Kemacetan Jakarta?

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info lantas   =>   Jakarta — Rencana penerapan electronic road pricing (ERP) di Jakarta bertujuan untuk menuntaskan masalah kemacetan yang semakin meningkat. Dengan adanya ERP, diharapkan penggunaan kendaraan pribadi menjadi berkurang.

”Rencana ERP ini dimaksudkan agar masyarakat Jakarta dapat dengan bijak menggunakan kendaraan pribadinya. Bukan membatasi kepemilikannya, hanya penggunaannya saja yang mesti dibatasi,” ujar wakil dari Koalisi Transport Demand Management (TDM), Ahmad Safruddin, ketika dialog publik mengenai rencana penerapan ERP di Jakarta, Rabu (23/3/2011).

Ahmad mengatakan, penggunaan kendaraan pribadi yang berlebihan merupakan penyebab utama kemacetan. Karena itu, yang pertama harus menanggung kerugian akibat macet adalah pengguna mobil dan motor yang menyebabkan kemacetan itu sendiri.

”Penerapan ERP nantinya akan memberikan batasan dan paksaan kepada para pengguna mobil dan motor. Namun, patut dicatat, ERP dapat berjalan jika angkutan umum diperbaiki sehingga pengguna menjadi nyaman memakainya,” tutur Ahmad.

Rencana ERP itu muncul atas dasar keprihatinan terhadap kemacetan yang terjadi di Ibu Kota. Bayangkan saja, berdasarkan data dari TDM, tahun 2010 jumlah kendaraan bermotor di Jakarta mencapai 6,7 juta unit dengan komposisi kendaraan roda dua mencapai 4,3 juta unit dan roda empat 2,4 juta unit. Angka pertumbuhan kendaraan bermotor sendiri mencapai 0,7 persen - 0,8 persen per bulan atau 11 persen per tahun.

ERP sendiri sudah diterapkan di kota-kota yang maju seperti London, Stockholm, dan Singapura. Berkat penerapan sistem ini, angka kemacetan menurun, polusi kendaraan berkurang, dan kecepatan rata-rata lalu lintas naik sehingga waktu perjalanan menjadi singkat.

Sumber : NTMC Korlantas Polri

8 komentar :

  1. Admin BeDa mengatakan... :

    Barusan membaca twitter kalau hari ini juga ada seminar tentang ERP, foto-fotonya ada di detikFoto

    Salam ukhuwah

  1. wah baru tau kalo hari ini seminarnya... tks infonya ustadz

  1. friend-school mengatakan... :

    wahh ketinggalan seminar!

  1. Kang Anip mengatakan... :

    waduuh ketinggalan info ane... yadahlah baca postingannya bapak bro aja..

  1. fs_ hehahhehaa... gimana ujiannya??
    kang anip_ monggo kang.. hehe (bapak bro) asik juga kang

  1. King Money mengatakan... :

    ERP saya sangat pesimis.. untuk mengurangi kemacetan jakarta...
    saya setuju kalau Ibukota Jakarta dipindah.. baru kemacetan bisa terurai...

  1. asep canda mengatakan... :

    wah program baru lagi nih ya sob semacam busway lgi heheheh

  1. Central004 mengatakan... :

    mudah2an setelah jadi, jakarta gak macet lagi...

Posting Komentar