Kamis, 24 Maret 2011

ERP Perlu Sosialisasi

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info lantas   =>   Jakarta - DPRD DKI Jakarta meminta Dinas Perhubungan untuk melakukan sosialisasi terkait rencana penerapan Electronic Road Pricing (ERP).

"Dinas Perhubungan jangan hanya menunggu. Sosialisasi dahulu ke masyarakat di samping mematangkan rencana ERP ini. Harus berjalan paralel," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana, Rabu (23/3/2011), usai dialog publik Rencana Penerapan ERP di Jakarta.

Triwisaksana mengingatkan, Dinas Perhubungan tidak boleh lambat dalam mengurus Peraturan Pemerintah (PP). Sebab, jika PP tidak ada maka DPRD pun akan kesulitan mengeluarkan Peraturan Daerah terkait ERP ini.

Mengenai prediksi keberhasilan ERP mengatasi kemacetan, Triwisaksana tampak optimistis bahwa sistem ini mampu menjadi solusi dari masalah utama transportasi di Jakarta. "Di New York dan Hongkong sistem ini gagal, karena angkutan umum di sana sudah memadai dan masyarakat lebih banyak yang menggunakan transportasi umum itu," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menuntut Dinas Perhubungan untuk segera memikirkan traffic management dan jalur alternatif yang dapat digunakan pengguna jalan. Hal ini untuk menyiasati agar kemacetan tidak berpindah ke kawasan yang tidak diberlakukan ERP. "Dari sekarang sudah harus disiapkan. Kalau tidak ya sama aja. Di kawasan seperti Sudirman, sudah tidak macet karena ERP diberlakukan tapi di kawasan lain yang biasanya tidak macet malah bisa menjadi macet," paparnya.
Sumber : NTMC Korlantas Polri

2 komentar :

  1. Admin BeDa mengatakan... :

    Betul, segala kebijakan pemerintah perlu disosialisasikan biar masyarakat tahu. Bisa jadi masyarakat tidak berperan aktif atau mendukung program pemerintah karena mereka tidak tahu tentang itu.

    Salam ukhuwah

  1. mantap kang beda... yg penting untuk kebijakan untuk masyarakat dan masyarakat paham, mengerti tentnag kebijakan tersebut...
    salam ukhuwah kang

Posting Komentar