Jumat, 22 April 2011

Bank Dunia Luncurkan Inisiatif Keselamatan di Jalan

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
Photobucket
info lantas   =>   Palmerah - Bank Dunia bersama dengan enam bank multilateral lainnya meluncurkan inisiatif bersama untuk mempromosikan keamanan jalan, guna menekan angka kematian dan kecelakaan lalu lintas di negara-negara berkembang.

"Di negara-negara maju, kecelakaan lalu lintas menunjukkan penurunan tetapi di negara-negara berkembang menunjukkan peningkatan karena meningkatnya pembangunan jalan, kendaraan bermotor, dan pengaturan jalan yang berbahaya yang mengancam keselamatan pengguna jalan," kata Presiden Bank Dunia, Robert B Zoellick, dalam siaran pers Bank Dunia yang diterima di Jakarta, Jumat (22/4).

Menurut Zoellick, bila tidak ada tindakan terukur yang dilakukan maka diperkirakan akan terjadi peningkatan yang lebih besar lagi dalam jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas di negara-negara tersebut. 

Zoellick mendesak agar negara-negara itu berinvestasi dalam keamanan jalan, dan menyerukan kepada lembaga donor untuk menyediakan dana yang memadai melalui inisiatif baru, baik dalam bidang pembiayaan maupun pembangunan kapasitas.
Hal tersebut dibutuhkan oleh negara-negara berkembang untuk memenuhi tujuan dekade yang menargetkan mengurangi tingkat kematian akibat kecelakaan lalu lintas sebanyak 50 persen pada 2020. Target tersebut,  menurut Zoellick, dapat menyelamatkan nyawa sekitar lima juta orang.

"Kita harus membuat keamanan jalan menjadi prioritas yang mendesak dalam hal bantuan pembangunan yang disediakan oleh bank pembangunan multilateral untuk proyek jalan raya," katanya.

Bila tidak, lanjutnya, maka beban yang akan ditanggung negara-negara berkembang akan menjadi sangat besar, sehingga sangat penting disediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk menciptakan perubahan transformasi untuk keamanan jalan.

Selain Bank Dunia, bank multilateral lainnya yang turut serta dalam inisiatif tersebut meliputi Bank Pembangunan Inter-Amerika, Bank Pembangunan Asia, Bank Pembangunan Afrika, Bank Pembangunan dan Rekonstruksi Eropa, Bank Pembangunan Islam, dan Bank Investasi Eropa.

Inisiatif tersebut menyerukan diterapkannya pendekatan sistem keamanan terintegrasi yang mempromosikan tanggung jawab bersama untuk memastikan keamanan dalam berkendara, yang dimulai dengan setiap negara menentukan suatu lembaga utama yang mengarahkan strategi keamanan jalan nasional.

Berdasarkan data Bank Dunia, sekitar 1,3 juta orang meninggal dunia dan lebih dari 50 juta orang mengalami cedera serius setiap tahun karena peristiwa kecelakaan di jalan raya, sebanyak 90 persen diantaranya terdapat di negara-negara berkembang. 

Sumber : NTMC Korlantas Polri
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dari Utsman bin Affan ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda: "Orang yang terbaik dari antaramu ialah orang yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya kepada orang lain."
(Bukhari)

2 komentar :

  1. betul betul betul...

Posting Komentar