Selasa, 26 April 2011

Bikin SIM di Cina akan Disodori Blanko Donor Organ Tubuh

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
Untuk memperbanyak pendonor organ tubuh, pemerintah Cina mengeluarkan kebijakan baru yang tergolong unik. Kebijakan tersebut adalah diharuskannya calon pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk mengisi lembar kesediaan mendonorkan bagian tubuhnya

Selasa (26/4/2011), diambil karena minimnya jumlah pendonor organ tubuh di negeri tirai bambu itu. Wakil Menteri Kesehatan, Huang Jiefu, mengatakan perbandingan antara permintaan dan ketersediaan organ sangatlah timpang.

Data statistik menunjukkan hanya 10.000 pasien dari satu setengah juta pasien yang mendapatkan organ yang mereka butuhkan. "Kesenjangannya sangat tinggi dan parah," .

Kebijakan ini akan diberlakukan mulai akhir tahun nanti. Setiap pemohon SIM akan ditanya apakah mereka berkenan mendonorkan bagian tubuh mereka apabila mengalami kecelakaan fatal. Jika mereka menjawab 'iya', pertanyaan akan dilanjutkan ke bagian tubuh mana yang akan disumbangkan.

"Kami juga akan memberikan kompensasi bagi pendonor untuk menarik minat calon pendonor,"

Kompensasi tersebut diantaranya pengurangan biaya rumah sakit terkait transplantasi, pengurangan biaya pemakaman, dan pemotongan pajak khusus bagi anggota keluarga.

Sumber : NTMC
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dari Utsman bin Affan ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda: "Orang yang terbaik dari antaramu ialah orang yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya kepada orang lain."
(Bukhari)

2 komentar :

  1. winar244 mengatakan... :

    ini photonya sim Org Korea bukan org China tuh
    yg bener yg mana sih?? China apa Korea??

  1. nyari photo sim orang cina kaga dapet2 sob.. hehe
    yang penting matanya sipit, jadi dah

Posting Komentar