Jumat, 15 April 2011

Indonesian Police Watch (IPW) prihatin dengan makin tingginya angka kematian polisi di jalan raya

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
Photobucket

Indonesian Police Watch (IPW) prihatin dengan makin tingginya angka kematian polisi di jalan raya. Banyaknya anggota Polri yang menjadi korban di jalan raya harus menjadi perhatian semua pihak.

Dari data yang dihimpun IPW dalam 16 bulan terakhir ada delapan anggota Polri menjadi korban. Enam polisi tewas dan dua luka berat. Sebagian besar terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Mereka umumnya berusia produktif, yakni antara 28 sampai 35 tahun. Sebagian besar polisi yang tewas adalah saat bertugas. Sebagian lagi tewas saat akan berangkat tugas dan pulang dari menjalankan tugas.

Korban terakhir adalah polisi lalu lintas Polres Jakarta Utara, Bripka Hari Affandi, yang ditabrak mobil saat sedang mengatur lalu lintas di putaran Podomoro Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara. Korban mengalami luka serius di bagian kepala dan tulang dada.

IPW mengimbau dalam menjalankan tugasnya, anggota Polri, khususnya lalulintas agar lebih berhati-hati. IPW menilai ada dua hal yang menjadi pemicu makin tingginya, angka kematian polisi di jalan raya.

Pertama, beratnya beban tugas polisi yang kerap membuat konsentrasi mereka menurun. Kedua, makin banyaknya jumlah kendaraan dan parahnya tingkat kemacetan membuat pengendara kerap letih serta kehilangan konsentrasi.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, anggota kepolisian yang bertugas di jalan raya perlu diberi tanda-tanda yang mencolok, sehingga pengendara dapat dengan jelas melihat keberadaannya. Selain itu, para pengendara diimbau untuk mematuhi rambu-rambu dan tata tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama.

Adapun polisi yang menjadi korban di jalan raya adalah:

9 Januari 2010, Brigadir Dua Dedi Sutandi, anggota Denmabes Polri, tewas ditabrak truk di KM 35.400 Sentul menuju ke arah Bogor. Dedi ditabrak saat mengganti ban mobilnya.

27 Januari 2010, Brigadir Agus Gufroni, anggota Polsek Bekasi Barat, tewas akibat ditabrak kereta api di Kranji, saat akan pulang setelah bertugas.

15 Juli 2010, Brigadir Deden Ahad, anggota Polres Purwakarta, luka berat setelah ditabrak mobil kawan penjambret di Pasar Jumat, Purwakarta.

16 Oktober 2010, mantan sekretaris pribadi Susno Duadji, Inspektur Dua Anjar Saputro tewas kecelakaan di Jalan Raya Bogor.

17 Desember 2010, Bripda Helfin, petugas Patroli Jalan Raya (PJR) tewas setelah terserempet truk trailer, saat mengatur lalu lintas di jalan tol dalam kota (Pancoran) Cawang arah ke Semanggi.

10 Febuari 2011, anggota Direktorat Polisi Air Polda Metro Jaya, Brigadir Dua Dumadi Priyo Raharjo (28), tewas terlindas truk peti kemas di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara. Kecelakaan terjadi saat korban hendak berangkat tugas.

9 Maret 2011, Bripka Doni, anggota Gegana Brimob Polri, tewas saat mengendarai sepeda motor di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur.

12 April 2011, Bripka Hari Affandi, anggota polisi lalu lintas Polres Jakarta Utara, luka berat setelah ditabrak mobil saat mengatur lalu lintas di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara.

Sumber : NTMC (JT)
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dari 'Ubadah bin ash Shamit r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa percaya bahwa tidak ada sekutu bagi-Nya dan bahwa Nabi Muhammadadalah hamba dan utusan-Nya dan bahwa Nabi Isa adalah hamba Allah dan utusan-Nya dan kalimat-Nya yang diturunkan kepada Maryam dan ruh daripada-Nya dan bahwa surga itu benar adanya (haq) maka Allah pasti akan memasukkannya ke dalam surga dengan amal perbuatannya (yang baik) seberapa pun adanya."
(Bukhari - Muslim)  

2 komentar :

  1. Ari Ibnu Umar mengatakan... :

    selama ini yg ada dimata masyarakat ntuh bahwa polisi itu horor [maaf] gaktau knpa....
    masyarakat lebih baik menghindar dari polisi sepertinya mas,,,,,
    semoga kedepannya antara masyarakat n polisi bisa lebih akur :D
    untuk daftar kumpulblogger hanya perlu email mas, gratisan kok, gak pake bayar
    ini linknya :
    http://kumpulblogger.com/signup.php?refid=162647
    semoga berhasil mas.....

  1. padahal kita sama2 manusia ya sob.. hehe
    itu paradigma dulu sob, sekarang kita sudah berubah sob.. semoga kedepan kita bisa menjadi pelayan masyarakat yang bisa diandalkan...
    tks infonya sob.. pengen daftar neh

Posting Komentar