Minggu, 01 Mei 2011

Jelang KTT ke-18 Asean, TNI & Polri Bersiaga

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
Jakarta - Pertemuan kepala negara tingkat Asean atau KTT ke-18 Asean akan digelar sebentar lagi. Pasukan pengamanan baik dari TNI maupun polisi mempersiapkan diri untuk menyambut acara tersebut.
"Kita menggelar apel kesiapan pasukan sebagaimana KTT Asean ke-18 tahun 2011 akan diselenggarakan. Oleh karena itu, mengingat 10 kepala negara atau yang mewakili akan hadir di Jakarta, kita perlu menggelar apel kesiapan untuk mengketahui sejauh mana para prajurit dan polisi telah siap melakukan kegiatan ini," kata Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono usai gelar apel di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (1/5/2011).
Pihaknya juga telah mensurvei beberapa hotel dan tempat konferensi seperti Jakarta Convention Center (JCC) yang rencananya akan digunakan peserta KTT ke-18 Asean. Acara tersebut akan dilakukan pada tanggal 7-8 Mei 2011.
Namun, lanjut Agus, persiapan sudah dilaksanakan sejak tanggal 3 Mei 2011. Hal itu dilakukan karena para menteri dari berbagai negara di Asean telah berkumpul di Jakarta sebelum acara KTT dimulai.
"Kita lihat semua personel sudah memahami akan tugas dan peran fungsinya masing-masing. Saya harap dalam pelaksanaannya tidak ada hambatan sedikitpun," imbuhnya.
Tanpa tidak menjelaskan secara detail berapa personel yang akan diterjunkan untuk pengamanan. Agus hanya mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan kepolisian, itu pun tergantung dimana lokasi dan situasi acara pertemuan KTT.
"Jumlah anggota yang ikut bersinergi dengan Kapolri disesuaikan dengan kegiatan dan lokasi yang digunakan KTT. Kita lihat di sini sudah cukup untuk ring 1 selalu dilakukan pengamanan VVIP, ring 2 bersama TNI dan polri dan ring 3 kebanyakan dilakukan polri dibantu oleh TNI," ujar Agus.
Tiga titik khusus yang akan lebih dijaga ketat adalah bandara, lokasi kegiatan dan tempat peserta KTT menginap. Menurutnya, tiga hal tersebut merupakan lokasi yang penting untuk dijaga.
Sumber : NTMC Korlantas Polri

2 komentar :

  1. TIPS BLOGBEGO mengatakan... :

    Keamanan peserta adalah kewajiban kita bersama, karena menyangkut kredebilitas dll negara kita INDONESIA - mas Fakhrial sukses selalu

  1. Betul sekali mas putu...
    bukan hanya TNI Polri saja, kita sudah seharusnya ikut berpartisipasi walau sekecil apapun itu.. sukses juga buat mas Bli putu
    hehe

Posting Komentar