Jumat, 27 Mei 2011

Kamera Intai Ditlantas Polda Jatim Mendapat Apresiasi Dari Mabes Polri

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info lantas   =>   Program Regional Traffic Management centre (RTMC) yang digagas Ditlantas Polda Jatim di-launching. Program pelayanan prima kepada masyarakat sebagai fungsi pusat Komando Koordinasi Komunikasi dan Informasi (K3I) ini diresmikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Irjen Pol Djoko Susilo.

Orang nomor satu di jajaran kepolisian lalu lintas se-Indonesia itu, menilai RTMC Polda Jatim lebih canggih dibandingkan dari sebelumnya.

"Sistemnya sama dengan yang lainnya. Tapi ini termasuk lebih canggih dari pada sebelumnya. Karena sudah dimodifikasi dan diprof dari segi kriminalitas dan aplikasinya juga dimanfatkan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas,"kata Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Djoko Susilo, kepada wartawan usai meresmikan RTMC Polda Jatim di gedung Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim,

Dalam launching RTMC Polda Jatim, juga dihadiri Kapolda Jatim Irjen Pol Badrodin Haiti, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Gatot Nurmantyo, pejabat dari TNI lainnya, Wakapolda Brigjen Pol Bambang Wahyono, para kapolres jajaran Polda Jatim, Kasat Lantas jajaran Polda Jatim dan pejabat kepolisian lainnya. Selain itu, juga hadir kepala daerah bupati atau walikota di Jawa Timur.

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Badrodin Haiti, mengatakan diharapkan semua polres juga memiliki program seperti RTMC. Tapi menurutnya, tidak harus selengkap dengan program RTMC.

"Tentunya polres harus bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat. Tapi tidak harus sebesar ini. Bisa lebih sederhana yang bisa dilakukan," tuturnya.

Hingga saat ini, sudah ada 7 polres di jajaran Polda Jatim yang sudah memasang CCTV dan nge-link dengan program RTMC, seperti di Surabaya, Batu, Sidoarjo, Malang dan beberapa daerah lainnya.

"Di polres bisa membuat posko mungkin sub pengendalian saja. karena ini tergantung dengan signal-nya di masing-masing daerah. Seperti di Pacitan. Kalau sudah keluar Pacitan kan susah," jelasnya.

Melalui program Regional Traffic Management Centre (RTMC) yang digagas Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim diyakini akan mampu menekan angka kecelakaan dan aksi kejahatan di jalanan.

Tak hanya itu program ini nantinya juga akan membuat aparat kepolisian yang bertugas di lapangan tidak berani 'nakal'.

Selain memiliki 140 kamera CCTV di berbagai kota di Jawa Timur, Dirlantas juga menempatkan kamera di 40 kendaraan patroli yang 8 diantaranya dilengkapi GPS atau (Global Positioning System).

Mobil berkamera itu selama patroli bisa dipantau dari ruang kendali yang terdapat di lantai II Gedung Dirlantas Polda Jatim. Tak hanya itu, Tim RTMC juga menempatkan kamera yang terhubung live dengan ruang kendali di helikopter.

Sumber : NTMC

3 komentar :

  1. Wahyu Kodar mengatakan... :

    Semoga makin berkembang... Toko Buku Online

  1. Mad Buddy mengatakan... :

    Semoga pihak jajaran Kepolisian semakin maju dengan mengikuti perkembangan IT yang ada. Mungkin yang terpenting adalah bahwa perangkat dengan tekhnologi yang mumpuni harus dibarengi dengan kemampuan SDM dalam mengoperasikannya, karena bagaimanapun juga peralatan TI ini masih dibawah kendali sang operator.

  1. WAHYU_ Amin.. Terima kasih kawan
    Made Budi_ Benar sekali kawan, SDM harus sesuai dengan peralatan yg digunakan, jangan samapi operator malah tidak mengerti dan paham cara menggunakannya.. hehe
    tks komentnya..

Posting Komentar