Minggu, 28 Agustus 2011

Arus Mudik di Pelabuhan Merak Naik 100 Persen

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info mudik 2011   =>   Cilegon - Kendaraan yang menyeberang di Pelabuhan Merak para arus mudik tahun ini rata-rata meningkat sebesar 100 persen dibandingkan tahun lalu. 

Akibatnya antrean kendaraan pemudik terjadi hingga jalan Tol Tangerang-Merak sepanjang 8 kilometer dari Pelabuhan Merak. Antrean kendaraan hingga luar Pelabuhan Merak ini terjadi sejak H-4. Hari ini antrean masih terjadi sepanjang dua kilometer, tepatnya di Cikuasa Atas, Kota Cilegon, Banten.

Berdasarkan data dari PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Utama Merak, terlihat peningkatan yang cukup tinggi pada mudik Lebaran 2011 ini. Seperti terlihat perbandingan pada H-3 tahun 2011dengan H-3 tahun 2010 lalu yang menunjukkan peningkatan 168 persen. Tahun lalu kendaraan pada H-3 mencapai 13.977 kendaraan dan pada H-3 tahun ini mencapai 23.449 kendaraan.

Peningkatan juga terlihat dari jumlah penumpang. Pada H-3 tahun lalu penumpang sebanyak 74.195 orang dan pada periode yang sama tahun ini mencapai 111.782 orang atau meningkat 151 persen.

Sejak H-7 hingga H-2 pada pukul 08.00 WIB hari ini PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak telah menyeberangkan sebanyak 75.870 kendaraan. Sedangkan untuk penumpang sebanyak 377.215 orang.

Direktur Usaha Pelabuhan Indonesia Ferry Prasetyo B. Utomo mengatakan peningkatan jumlah pemudik saat ini di luar perkiraan. “Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor, misalnya, hanya diperkirakan 10 persen. Namun kenyataannya kendaraan roda dua mencapai 100 persen lebih," kata Prasetyo.

Sementara itu Kepala Sub-Direktorat Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP) Kementerian Perhubungan Rasman Ginting mengatakan dengan tingginya peningkatan volume kendaraan ini perlu dilakukan penyesuaian kondisi pelabuhan. "Kondisi saat ini perlu dilakukan evaluasi, menyusul tingginya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas," ujar Rasman.

Jika melihat pertumbuhan volume kendaraan yang menyeberang saat ini, dermaga di Pelabuhan Merak harus ditambah dan areal parkirnya diperluas. "Kementerian Perhubungan akan membahas masalah ini dengan PT ASDP, PT KAI, dan pemerintah daerah untuk menjadikan Pelabuhan Merak sebagai pelabuhan terpadu yang ideal," katanya.

Sumber : NTMC (8333)

2 komentar :

  1. Yudi Herdiana mengatakan... :

    Gambar2nya mantap2 sob... sllu up to date,, maju terus....

  1. weel mengatakan... :

    mantabs bos.... tks infonya

Posting Komentar