Jumat, 26 Agustus 2011

Pemudik Dihimbau Manfaatkan Jalur Alternatif

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info mudik 2011   =>   SURABAYA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan jalur alternatif untuk mudik. Ini dilakukan agar masyarakat dapat melakukan mudik 2011 dengan lancar 

"Jangan semua terpaku pada jalur utama, kita himbau agar mengunakan jalur alternatif agar tidak terjebak kemacetan," kata Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Sam Budigusdian, di Surabaya, Kamis (25/8). 

Menurut data dari Dirlantas Polda Jatim, jalur alternatif yang melintasi arah timur Kabupaten Tuban dapat melalui Widang sampai ke Bulu, yakni Widang-Pertigaan Pakah-Rengel-Soko-Jatirogo-Bulu. Sedangkan dari arah barat Tuban yakni Jatirogo-Singgahan-Tuban. 

Di jalur-jalur di wilayah hukum Polres Lamongan, polisi juga membuat jalur alternatif seperti Deket-Lamongan-Dukun-Gresik/Tuban. Dari Lamongan menuju ke Jombang melalui Lamongan-Mantup-Mojokerto-Jombang. 

Kepolisian telah membuat spanduk dan tanda-tanda penunjuk keberadaan jalur alternatif. Tujuannya, agar pemudik tahu jika ada jalur alternatif yang bisa digunakan. 

Selain itu, di sepanjang jalur tersebut juga didirikan posko keamanan yang menyediakan informasi dan layanan pengaturan lalu lintas. 

Untuk pos pantau, telah disiapkan 357 pos yang tersebar di seluruh Jatim. Petugas akan berjaga di pos sesuai dengan kewilayahan dan tugas masing-masing. 

"Pos-pos tersebut, 6 di antaranya ditempatkan di perbatasan Jatim dengan sandi Pos Simpatik Operasi Ketupat Semeru 2011, 254 pos PAM dan 97 buah pos pantau," ujarnya. 

Kepolisian Daerah Jawa Timur mengerahkan sebanyak 16.000 personel melalui operasi kendali pusat. Dengan sasaran operasi adalah tempat peribadatan umat Islam, pusat perbelanjaan, pemukiman yang ditinggal pemudik, jalan raya, terminal, tempat rekreasi, dan objek vital.

Sumber : NTMC (8333)

0 komentar :

Posting Komentar