Kamis, 18 Agustus 2011

Waspadai Jalur Mudik Riau-Tapanuli Selatan

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info mudik 2011   =>   Pekanbaru - Jalan nasional di Provinsi Riau umumnya mengalami kerusakan. Salah satunya jalan lintas penghubung Riau-Tapanuli Selatan, Sumatera Utara (Sumut).

Pantauan yang belum lama ini melakukan perjalan menuju Tapanuli Selatan, kerusakan badan jalan itu berada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau. Puluhan kilometer jalan nasional dan sebagian jalan provinsi banyak yang berlubang. Sekalipun pemerintah tengah melakukan perbaikan, namun tetap harus berhati-hati dengan lubang di sepanjang jalan tersebut.

Dengan kondisi jalan yang banyak berlubang itu, bila tidak hati-hati bisa membahayakan pemudik. Sekilas bila mengemudi kendaraan dengan jarak pandang yang jauh jalan terlihat mulus. Namun tiba-tiba nanti bisa saja di depan anda jalan berlubang.

Tidak hanya itu saja, jalan yang tengah diperbaiki dengan sistem tambal sulam, juga bisa berbahaya. Karena tidak semua lokasi tambah sulam sudah selesai dikerjakan.

"Lokasi jalan tambal sulam ini juga bisa mencelakakan, karena ternyata aspal hanya disiram di lubang itu tanpa ditimbun kembali. Jalan tambal sulam ini ibarat ranjau di sepanjang jalan," ujar Rafian, sopir travel Pekanbaru ke Padangsidimpuan, Sumut.

Kondisi badan jalan yang rusak juga tidak kalah banyaknya di kawasan Tapanuli Selatan, Sumut. Jalan di Tanapunuli ini badan jalan juga banyak yang terkelupas.

Kondisi badan jalan yang rusak di Tapanuli ini tidak lain karena adanya aktivitas truk pengangkut kelapa sawit dan truk pengangkut kayu. Saban hari ratusan truk melintas di jalan tersebut.

Truk pengakut sawit dan kayu di sana, umumnya kapasitas angkutannya melebihi kemampuan badan jalan. Itu yang menyebabkan kondisi badan jalan nasional dan provinsi mengalami kerusakan.

"Bagi pemudik hendaknya berhati-hati di jalan lintas Riau menuju Tapanuli Selatan. Bagi pengguna mobil pribadi sebaiknya menghindari perjalanan mudik pada malam hari. Karena begitu banyak jalan berlubang dari Riau sampai Tapanuli.

Sumber : Polda Riau

0 komentar :

Posting Komentar