Selasa, 27 September 2011

Kenaikan Tarif Tol Masih Tertunda

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld

info lantas   =>   Jakarta - Rencana penaikan tarif 14 ruas jalan tol yang semula bakal berlaku 28 September 2011 belum menemui kepastian. Pasalnya hingga kemarin surat Keputusan SK Menteri Pekerjaan Umum tentang penaikan tarif tersebut belum diterbitkan.

Pihak operator tol Jasa Marga mengaku belum mengetahui kapan penaikan mulai dilakukan karena kepastiannya menunggu SK Menteri PU. Namun Direktur Utama PT Jasa Marga Frans S Sunito memperkirakan penaikan akan tetap sesuai dengan jadwal semula, yakni Rabu (besok).
“Kami harapkan tetap tanggal 28 September. Kenaikannya sesuai inflasi dua tahunan berkisar rata rata antara 10%-11%” jelas Frans, saat dihubungi kemarin.

Jasa Marga mengoperasikan 11 ruas dari 14 ruas jalan tol yang akan dinaikkan tarifnya. Salah satunya ialah ruas Tol Palimanan-Kanci yang sempat dievaluasi kelayakannya oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ruas tersebut akan dinaikkan tarifnya apabila memenuhi standar pelayanan minimal (SPM).

“Evaluasi sudah selesai. Sudah ada perbaikan seperti untuk pagar pembatas yang sering dicuri juga rambu-rambu penunjuk jalan, Kondisi jalan juga sudah oke,” papar Frans.

Namun ia menambahkan pemeriksaan kelayakan ruas tol tersebut tidak dilakukan semata-mata karena akan ada penaikan tarif. Menurut Frans, kelayakan setiap ruas tol dievaluasi secara berkala.

“Kita sudah rutin lakukan pemeriksaan jalan setiap hari 2 x 24 jam. Selain itu untuk Tol Jagorawi yang sering padat sudah ada penambahan lajur. Jadi bukan karena ada rencana kenaikan baru kami perbaiki,” kata dia.
Di kesempatan terpisah Kepala BPJT Achmad Gani Ghazali mengaku timnya sudah selesai mengevaluasi 14 ruas jalan tol tersebut. “Hasil klarifikasi lapangan sudah memenuhi, tanggal penaikan tarif tol tergantung SK Menteri PU,” ujarnya lewat pesan singkat.

Penaikan tarif tol yang akan diterapkan di 14 ruasjalan tol, yakni di Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Tol Dalam Kota, Lingkar Luar Jakarta, Padalarang Cileunyi, Semarang Seksi A,B,C dan Surabaya-Gempol.

Kemudian di ruas Tol Palimanan-Kanci, Cikampek-Padalarang, Pondok Aren-
Ulujami, Belawan-Tanjung Morawa, Serpong-Pondok Aren, Tangerang-Merak serta Ujung Pandang I dan II.

Sumber : NTMC (8333)

1 komentar :

  1. BlogS of Hariyanto mengatakan... :

    tarif tol naik lagi ya :) jadi bertanya kira-kira kapan bisa turun ya :D

Posting Komentar