Kamis, 29 September 2011

Transjakarta Rute Feeder 1, 2, dan 3 Mulai Beroperasi Tanggal 28 September 2011

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld

info lantas   =>   Mulai tanggal 28 September 2011, akan beroperasi tiga rute feeder transjakarta. Feeder 1 melayani rute Taman Kota-Kedoya Green Garden-RS Puri Indah, feeder 2 melayani rute Balaikota-Monumen Nasional-Jatibaru, dan feeder 3 melayani rute Semanggi-Bunderan Senayan-Komdak SCBD.
Transjakarta feeder beroperasi dari jam 05:00 sampai dengan 22:00. Khusus pada hari pertama (Rabu, 28 September 2011), ketiga transjakarta feeder baru akan mulai beroperasi pada pukul 13:00.
Harga tiket feeder adalah Rp6.500 yang terdiri dari tiket feeder Rp3.000 dan tiket transjakarta Rp3.500. Penumpang yang naik dari halte feeder tidak bisa membeli tiket feeder terpisah dengan tiket transjakarta. Sedangkan penumpang yang naik dari halte transjakarta, dapat membeli tiket terusan feeder dengan harga Rp3.000 di halte transjakarta yang merupakan titik transfer menuju feeder.

Feeder 1 (Taman Kota – Kedoya Green Garden – RS Puri Indah)
Feeder 1 melayani rute dari halte transjakarta Taman Kota sampai ke depan RS Puri Indah. Jalan-jalan yang dilalui feeder 1 yaitu Daan Mogot, Panjang, Kedoya Raya, memutari Pilar Raya, Puri Kembangan, belok kiri dan berputar di Pesanggrahan, belok kiri masuk lagi ke Puri Indah Raya, berputar di RS Puri Indah dan Walikota Jakarta Barat, lalu kembali ke Taman Kota lewat Puri Kembangan, Kedoya Raya, Panjang, Daan Mogot.
Halte-halte yang dilalui feeder 1:
  • Taman Kota (transfer ke koridor 3)
  • Kedoya Green Garden (transfer ke koridor 8)
  • Kedoya Raya Timur
  • Mutiara Kedoya
  • Kembangan
  • Pesanggrahan
  • Pasar Puri Selatan
  • RS Puri Indah
  • Walikota Jakarta Barat
  • Pasar Puri Utara
  • Kedoya Raya Barat

Feeder 2 (Balaikota – Monumen Nasional – Jatibaru)

Feeder 2 melayani rute dari halte transjakarta Balaikota sampai ke Tanah Abang Jatibaru. Jalan-jalan yang dilalui feeder 2 yaitu Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Barat, belok kiri di TL Majapahit masuk ke Abdul Muis, Fachrudin, Mas Mansyur, berputar arah di Jatibaru lalu dari lurus ke Abdul Muis dan langsung belok kanan ke Budi Kemuliaan kembali ke Balaikota.
Halte-halte yang dilalui feeder 2:
  • Balaikota (transfer ke koridor 2)
  • IRTI
  • Monumen Nasional (transfer ke koridor 1 & 2)
  • Abdul Muis Timur
  • Fahrudin
  • Jatibaru
  • Abdul Muis Barat

Feeder 3 (Semanggi – Bunderan Senayan – Komdak SCBD)

Feeder 3 melayani rute dari halte transjakarta Semanggi memutari komplek Gelora Bung Karno lalu kembali lagi ke halte Semanggi lewat SCBD. Jalan-jalan yang dilalui feeder 3 yaitu Gatot Subroto, Gerbang Pemuda, Asia Afrika, Sudirman, berputar arah di Semanggi dan masuk ke SCBD lewat samping Bursa Efek Jakarta, lalu kembali ke Semanggi lewat samping Polda keluar ke Gatot Subroto.
Halte-halte yang dilalui feeder 3:
  • Semanggi (transfer ke koridor 9)
  • Gelora TVRI
  • Plaza Senayan
  • Senayan City
  • Bunderan Senayan (transfer ke koridor 1)
  • Komdak SCBD

FAQ (Pertanyaan yang sering diajukan)

Apa itu feeder?
Feeder adalah rute transjakarta yang melayani daerah-daerah yang tidak dilalui jalur busway sehingga penumpang transjakarta dapat dengan mudah menuju ke daerah-daerah tersebut tanpa harus berpindah ke moda angkutan umum lain. Transjakarta feeder sudah terintegrasi dengan koridor utama transjakarta, penumpang dapat melakukan transfer dari/ke feeder dari halte transjakarta yang dilalui oleh feeder, dengan tambahan biaya Rp3.000.
Transjakarta feeder menggunakan bis berukuran kecil dan tidak memiliki jalur khusus. Mekanisme naik/turun penumpang sama persis seperti koridor transjakarta utama, penumpang hanya bisa naik/turun di halte dengan membeli tiket terlebih dahulu.
Sama seperti transjakarta, feeder juga dijalankan oleh Unit Pengelola Transjakarta (BLU). Operator untuk feeder 1, 2, dan 3 adalah LRN.
Bagaimana mekanisme transfer ke feeder apabila kita naik dari halte transjakarta di koridor utama? Contoh: Penumpang dari Kalideres yang mau transfer menuju Puri Indah.
Penumpang harus menuju ke halte transfer ke feeder tersebut (dalam contoh diatas, berarti kita harus ke Taman Kota). Di halte tersebut, akan ada petugas ticketing yang memakai rompi bertuliskan "Feeder Busway". Petugas ticketing feeder ini berada di dalam halte, jadi kita tidak perlu membeli dari luar loket halte. Kita bisa membeli karcis feeder darinya dengan harga Rp3.000. Karcis yang didapatkan terdiri dari dua segi, yaitu segi untuk feeder dan segi untuk penumpang. Simpan karcis tersebut, karena karcis akan disobek didalam bis oleh satgas onboard. Segi untuk feeder diambil oleh onboard, sedangkan segi untuk penumpang diberikan kepada kita.
Bagaimana mekanisme apabila kita naik dari halte transjakarta yang merupakan halte transfer feeder? Contoh: Penumpang yang membeli karcis di Taman Kota dan ingin menuju Puri Indah.
Penumpang bisa langsung membeli karcis feeder di loket ticketing halte seharga Rp6.500 (beri tahu kasir kalau kita ingin membeli tiket feeder). Karcis yang didapatkan terdiri dari tiga segi, yaitu segi untuk petugas, feeder dan penumpang. Segi untuk petugas akan disobek oleh petugas barrier halte, segi untuk penumpang akan disobek didalam bis oleh satgas onboard, sedangkan segi untuk penumpang diberikan kepada kita.
Bagaimana mekanisme apabila kita naik dari halte feeder? Contoh: Penumpang yang membeli karcis di Puri Indah.
Penumpang membeli karcis di halte feeder kepada petugas ticketing yang memakai rompi "Feeder Busway" seharga Rp6.500. Karcis yang didapatkan terdiri dari tiga segi, yaitu segi untuk petugas, feeder dan penumpang. Segi untuk petugas akan disobek oleh petugas barrier halte feeder, segi untuk penumpang akan disobek didalam bis oleh satgas onboard, sedangkan segi untuk penumpang diberikan kepada kita.
Saya hanya mau naik feeder tanpa naik koridor transjakarta utama. Bisakah kita hanya membeli tiket feedernya saja? Contoh: Penumpang yang membeli karcis di Puri Indah dan mau turun di Mutiara Kedoya.
Tidak bisa, penumpang yang naik dari halte feeder hanya bisa membeli tiket seharga Rp6.500. Kita tentunya bisa memilih untuk tidak melakukan transfer ke koridor transjakarta utama dengan konsekuensi harus menanggung rugi harga tiket busway sebesar Rp3.500.

0 komentar :

Posting Komentar