Jumat, 23 Desember 2011

TransJakarta Koridor XI Siap Diuji Coba

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
Jakarta - TransJakarta Koridor XI (Pulogebang-Kampung Melayu) segera dioperasikan. Sebelum beroperasi secara resmi pada 28 Desember 2011, siang ini TransJakarta Koridor XI akan diuji coba. 3 Bus gandeng bakal dijalankan siang nanti.

"Rencananya nanti habis Jumatan sekitar pukul 14.00 WIB, kalau tidak ada halangan akan diuji coba," kata humas Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta, Sri Ulina Pinem, Jumat (23/12/2011).

Uji coba akan dimulai dari halte di depan kantor Walikota Jakarta Timur. Dalam uji coba ini akan dilihat kesiapan koridor tersebut.

"Akan dilihat kesiapan jalur termasuk halte dan prasarana lain sebelum dioperasikan resmi pada akhir Desember nanti," sambung Ulina.

Menurut Ulina, akan ada 15 halte di sepanjang Koridor XI ini. Ada yang sedikit berbeda di halte koridor ini dibanding halte koridor lain, lantaran haltenya didesain ramah bagi penyandang tunanetra. Lantai halte didesain dengan garis-garis dan bulatan sehingga memudahkan penyandang tunanetra dalam berjalan.

Koridor XI ini memiliki 15 halte, antara lain halte Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Klinik, Teratai Putih, Stasiun Buaran, Buaran 1, Kp. Sumur, PMI, Mal Klender, SMU 12, Taman Cipinang, Stasiun Jati Negara, Bioskop Buaran, Flyover Jatinegara, Imigrasi, RS Mitra, dan Kampung Melayu. Koridor XI ini dibangun dengan panjang rute 20,5 kilometer.

Pada lajur Koridor XI, separator juga dibuat lebih tinggi dari koridor-koridor sebelumnya. Tujuannya agar jalur khusus ini tidak lagi diterobos kendaraan.

Halte Stasiun Jatinegara dan halte Pasar Jatinegara dijadikan titik transit. Gunanya untuk pemindahan penumpang dari koridor V ke XI. Selain itu halte Flyover Jatinegara menjadi titik pertemuan koridor X dengan XI. Nah, dalam peresmiannya 28 Desember mendatang akan diluncurkan 21 bus gandeng yang akan melayani koridor ini.

0 komentar :

Posting Komentar