Sabtu, 17 Maret 2012

Samsat Cinere Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info lantas   =>  Semangat dan dedikasi seluruh anggota Samsat Cinere untuk meningkatkan mutu pelayanan sesuai standar ISO 9001-2008 semakin membara. Terbukti, selama dua bulan terakhir ini, Samsat Cinere mengadakan pelatihan bersama guna mewujudkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. 
Kanit Samsat Cinere AKP Doni Hermawan, SH, SIK menegaskan bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman tentang Standart layanan SMM ISO 9001:2008 sebagai implementasi dalam mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat.
"Pelatihan dilakukan demi mewujudkan pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan, mudah, tidak diskriminatif, transparan, dan akuntabel," tandas AKP Doni.
Adapun ruang lingkup penerapan standar pelayanan internasional ISO 9001:2008 di akhir tahun 2011 meliputi sertifikasi Pelayanan dan Pengurusan STNK serta Pemungutan PKB dari Mulai Pendaftaran Kendaraan Baru (BBN I), Pendaftaran kendaraan Rubah Identitas (BBN II) dan Perpanjangan/Pengesahan (DU) beserta unit pendukung lainnya.
Standar pelayanan yang diterapkan pada system manajemen mutu ISO 9001:2008 antara lain, pertama pada Proses pengurusan pelayanan BBN I: maksimal 4 jam  terhitung dari penerimaan Nopol sampai terbit SKPD dan proses pelayanan pembayaran PKB sampai dengan cetak STNK maksimal 2 jam. Kedua, Proses pengurusan pelayanan BBN II: maksimal 7 jam  terhitung dari penerimaan Nopol sampai terbit SKPD dan proses pelayanan pembayaran PKB sampai dengan cetak STNK maksimal 1 jam.
Ketiga, Proses pengurusan dan pembayaran PKB tahunan dan 5 tahunan maksimal 45 menit. Dan keempat, Proses pengurusan cek fisik kendaraan bermotor mulai dari daftar sampai rekomendasi maksimal 25 menit. Serta yang kelima atau terakhir, Proses pencetakan TNKB (plat nomor) mulai dari pemesanan sampai penyerahan TNKB maksimal 20 menit.
Selanjutnya, setelah melalui tahapan penerapan sekitar 2-3 bulan, Samsat cinere telah dilakukan Audit tahap pertama oleh badan sertifikasi independent yaitu PT. Sucofindo (Persero) melalui SBU SICS pada tanggal 1 Februari 2012 dengan hasil audit bahwa Samsat Cinere layak dan direkomendasi untuk di audit sertifikasi pada tahap ke-2. 
Audit sertifikasi tahap kedua pun telah dilakukan pada tanggal 14-15 Februari 2012 dengan hasil sangat baik yaitu Samsat Cinere dengan Pelayanan dan Pengurusan STNK dan Pemungutan PKB dari Mulai Pendaftaran Kendaraan Baru (BBN I), Pendaftaran kendaraan Rubah Identitas (BBN II) dan Perpanjangan/Pengesahan (DU) beserta unit pendukung lainnya direkomendasikan untuk mendapat sertifikat ISO 9001:2008.
"Kami terus mengadakan pelatihan guna meraih sertifikat ISO 9001-2008. Dan hasilnya, kami pun telah direkomendasikan untuk bersertifikat ISO 9001-2008. Ini merupakan buah hasil kerja keras dari seluruh aspek yang ada di Samsat Cinere, baik itu Kepolisian, Dispenda, dan Jasa Raharja," ujar AKP Doni didampingi Pamin STNK Iptu Endang Setyowati dan Pamin TU Sri Hernawati.
"Rencananya, Penyerahan Sertifikat ISO 9001-2008 akan dilakukan pada Selasa depan,” tandasnya. 

0 komentar :

Posting Komentar