Rabu, 14 November 2012

Pengemudi Becak Jadi Pelopor Keselamatan

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info lantas   =>   JOGJA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIJ punya terobosan. Ditlantas bertekad mengajak pengemudi becak di Jogjakarta menjadi pelopor aksi keselamatan lalu lintas.
Pelibatan pengemudi becak tersebut sebagai tindak lanjut program Korps Llau Lintas (Korlantas) yaitu aksi keselamatan nasional, jadilah pelopor aksi keselamatan lalu lintas. Pelibatan pengemudi becak itu dikemas dalam acara Apel Becak Jogja di Alun-Alun Utara Jogja hari ini (13/11). Kegiatan ini melibatkan lebih seribu pengemudi becak.Dalam acara ini Kakor Lantas Irjen Pol Puji Hartanto didaula menyematkan rompi kepada pengemudi becak. Selain itu, kegiatan juga diisi pemasangan stiker dan penyerahan tiga becak kepada paguyuban becak.Rencananya, pemberian dan pemakaian rompi pengemudi becak itu dicatat oleh Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri). Rekornya berupa penyematan rombi terbanyak kepada seribu pengemudi becak.
”Pengemudi becak saja bisa tertib berlalu lintas, tentu pengemudi mobil dan sepeda motor juga bisa tertib," kata Direktur Ditlantas Polda DIJ Kombes Pol Bambang Pristiwanto SH MHum kepada wartawan di sela geladi bersih Apel Becak Jogja di Alun-Alun Utara Jogja sore kemarin (12/11).

Bambang mengingatkan, mewujudkan keselamatan di jalan raya tidak hanya menjadi tanggung jawab kepolisian dan pemerintah. Tapi, tegas dia, semua elemen masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama. Itu mencakup semua pengguna jalan seperti pengemudi mobil, sepeda sepeda motor, sepeda onthel, pejalan kaki, pengemudi andong, pengemudi becak, dan pengendara angkutan umum.”Setiap orang tentu ingin selamat ketika di jalan raya, termasuk pejalan kaki,” tandas Bambang.

Dalam kesempatan itu, Bambang memohon maaf kepada masyarakat dan wisatawan apabila kesulitan mendapatkan transportasi becak hari ini. Sebab, sebagian besar becak akan mengikuti acara Apel Becak Jogja ini."Acara ini hanya berlangsung sehari (hari ini) saja," terang Bambang.Gubernur DIJ Hamengku Buwono X dijadwalkan hadir dalam Apel Becak Jogja tersebut. Ada dalam daftar undangan pula Kakor Lantas Irjen Pol Puji Hartanto, pejabat Jasa Raharja Cabang Jogjakarta, pejabat Dinas Pendidikan DIJ, Komandan Lanud Adisutjipto Jogjakarta, Ketua Pengadilan Tinggi Jogjakarta, serta sejumlah pejabat dan tokoh lainnya.

1 komentar :

  1. Qoreader mengatakan... :

    gak heran kalau jogja becanya pada tertib :D

Posting Komentar