Selasa, 23 Agustus 2011

Lebaran, Bus TransJakarta Tetap Operasi

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info mudik 2011   =>   JAKARTA – Busway akan menjadi alternatif bagi warga yang akan berpergian untuk bersilahturahmi saat Lebaran. Menyusul tetap dioperasikannya moda angkutan tersebut pada Hari Raya Idul Fitri  1423 Hijriah.
Kendati demikian terdapat perubahan waktu operasional busway pada hari besar tersebut. Jika biasanya busway mulai beroperasi mulai pukul 5 namun pada Lebaran nanti angkutan milik Pemprov DKI Jakarta akan mulai melayani penumpang pada pukul 9.
“Kebijakan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi pramudi untuk melaksanakan ibadah salat Ied dulu. Sedangkan pada hari kedua dan seterusnya jam operasional berjalan seperti biasanya” ungkap Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, Muhammad Akbar, Selasa (23/8).
Ia menambahkan bus Transjakarta akan tetap melayani penumpang hingga pukul 23.00, karena saat ini semua koridor telah diberlakukan hingga larut malam.
Sementara itu, untuk mengantisipasi membludaknya jumlah warga yang akan berkunjung ke objek wisata seperti Ancol dan Ragunan, Akbar mengatakan akan melakukan penambahan armada pada koridor tersebut. Yakni koridor V (Kampung Melayu-Ancol), koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas), koridor IX (Pinang Ranti-Pluit).
Pasalnya ketiga koridor tersebut menuju ke tempat-tempat wisata yang ada di ibu kota. Masing-masing akan ditambah dua kali lipat. Misalnya untuk koridor VI yang jika hari biasanya terdapat 38 armada, maka pada hari itu akan ditambah dua kali lipatnya. Penambahan dilakukan dengan mengambil armada dari koridor lainnya.
Tidak hanay itu untuk melayani masyarakat saat liburan Lebaran, juga akan disediakan rute wisata, salah satunya yakni, Ragunan-Monas. Pelayanan tersebut merupakan persembahan bagi warga Jakarta yang tidak mudik sehingga dapat menikmati tempat-tempat hiburan favoritnya dengan transportasi mudah, murah, nyaman dan cepat.
“Lebaran besok kami menyediakan rute layanan khusus ini tidak hanya bagi warga Jakarta saja, melainkan warga luar daerah yang saat Lebaran berlibur di Jakarta,” imbuhnya.
Namun, khusus untuk koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas) tidak melayani perjalanan hingga halte Ragunan, tetapi hanya sampai di halte SMK 57. Mengingat saat Lebaran jumlah pengunjung di TMR akan membludak sehingga bus Transjakarta tidak dapat masuk ke area TMR. Namun memutar di persimpangan pertanian.
Selain itu, BLU Transjakarta juga akan mengatur jam operasional busway saat malam takbiran. Operasional busway pada malam takbiran hanya sampai pukul 18.30, sebab jalan-jalan reguler akan dipadati oleh kendaraan-kendaraan yang melakukan pawai takbiran.
Sumber : NTMC Korlantas Polri

0 komentar :

Posting Komentar