Selasa, 27 September 2011

E-Samsat Surabaya sudah dapat digunakan untuk Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld

info lantas   =>   Surabaya - Bank Mandiri bersama Samsat Jawa Timur meluncurkan layanan E-Samsat untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor (ranmor). Mulai besok, wajib pajak tidak perlu mendatangi kantor samsat untuk bisa membayar pajak. Cukup membrowsing website e-samsatjatim.

"Ini merupakan pelayanan prima bagi masyarakat yang membayar pajak kendaraan bermotor miliknya. Besok akan dipamerkan dan dilaunching oleh Pak Gubernur di Madiun," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Sam Budigusdian kepada wartawan di sela acara penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 pada peringatan HUT ke 56 Hari Lalu Lintas Bhayangkara di gedung Mahameru komplek Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Selasa (27/9/2011).

Kerjasama E-Samsat di Jatim ini disambut baik Bank Mandiri. Wakil Direktur Utama Bank Mandiri mengatakan, melalui transaksi E-Samsat, masyarakat dapat membayar pajak kendaraan bermotornya dimana saja dan kapan saja. Caranya, masyarakat cukup mengakses website e-samsatjatim

"Melalui kerjasama ini, masyarakat jawa Timur dapat membayar pajak kendaraan bermotor melalui chanel Bank mandiri, baik cabang maupun elektronic channel seperti ATM, internet banking atau SMS banking," kata Riswinandi.

Ia mengatakan, Bank Mandiri bekerjasama di bidang E-Samsat adalah yang pertama kali di Indonesia dan baru dilakukan di Jawa Timur. Menurutnya, peluang bisnis dari kerjasama tersebut cukup besar dan potensial untuk memperkuat jaringan elektronik Bank Mandiri. Apalagi jumlah pemilik kendaraan bermotor di wilayah Jawa Timur mencapai sekitar 10 juta pemilik.

"kami berharap layanan E-samsat ini dapat meningkatkan efisiensi penarikan pajak kendaraan bermotor oleh Samsat Jatim, sehingga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," tuturnya.

Saat ditanya lebih lanjut, berapa nilai transaksi yang dihasilkan dari kerjasama tersebut, Riswinandi mengaku tergantung berapa nilai pajak kendaraan bermotornya.

"Tentunya kalau semua berjalan lancar, kurang lebih 10 juta motor. Kita bisa lihat berapa rata-rata pajak kendaraan bermotornya. Ya itulah uang yang menjadi bagian dukungan Bank Mandiri untuk membantu penerimaan pajak di Jatim," jelasnya. 

Sumber : NTMC (8333)

5 komentar :

  1. Bayu Pesek mengatakan... :

    blog ini bagus lho asli.. brur kalo bisa masukin info2 pasal2 dong jadi kita kalo dijalan ada tilang gitu kita bisa tau pasal berapa nie kenanya gitu brur.... thank u ya brur...

  1. tks brur.. kalo mau pasal2 tentang lalu lintas, langsung aja di download di sini brur.. tuh klik langsung diatas

  1. akma mengatakan... :

    maap, kalo boleh tahu, website e-samsat jatim apa yah?
    kok saya cari2 ndak ada
    terima kasih

  1. Ary mengatakan... :

    pak ....itu utk pengambilan notice pajak kan langsung ke samsat masing - masing ..syaratnya apa ya ? ....... apa seperti kalau bayar langsung ke samsat ? membawa dokumen asli ? atau cuma membawa bukti transfer dr bank ?

  1. ika mengatakan... :

    esamsatnya gak bisa di buka gimana mau bayar lewat atm

Posting Komentar