Senin, 07 November 2011

Ditlantas Polda Metro Jaya Segera Luncurkan Buku Pengetahuan Lalu lintas

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
info lantas   =>   Salah satu indikator tingginya angka kecelakaan di Ibukota Jakarta adalah masih banyaknya pelaku lalu lintas yang minim akan pengetahuan dan aturan dalam berlalu lintas. Terkait problematika tersebut, pihak Kepolisian khususnya Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terus berinovasi demi menemukan solusi yang tepat guna menekan angka kecelakaan.
Satu langkah konkret terkini yang dilakukan Direktorat Lalu lintas PMJ melalui Satpas SIM, Daan Mogot, yakni dengan meluncurkan sebuah buku berjudul Pengetahuan Lalu lintas. Buku setebal 193 halaman ini berisi mengenai etika, aturan, dan keselamatan lalu lintas hingga teknik mengemudikan kendaraan dengan baik dan benar.
Oleh karena itu, selain berguna untuk memberi pengetahuan tentang lalu lintas kepada masyarakat luas, buku ini juga berguna sebagai bahan referensi untuk mengikuti ujian SIM. Sebab, didalamnya juga terdapat materi, bahan, dan sarana yang dapat digunakan untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti ujian SIM.
Kasi SIM PMJ Kompol M Arsal Sahban, SH, SIK, MM, MH, selaku penyusun buku Pengetahuan Lalu Lintas ini mengatakan bahwa buku yang akan direalese dalam waktu dekat ini merupakan tindak lanjut dari banyaknya masukan dari masyarakat, khususnya dari pemohon SIM untuk diadakannya buku panduan. Sehingga, ketika mengikuti ujian SIM, mereka sudah membengkali dirinya mengenai pengetahuan berlalu lintas.
"Buku ini sangat penting karena di dalamnya terdapat tata cara bagaimana berlalu lintas yang baik dan benar. Selain itu buku ini juga dapat dijadikan bekal pengetahuan ketika akan mengikuti proses ujian pembuatan SIM," ujar Kompol Arsal, Kamis (03/11/2011).
Lanjut Arsal, pihaknya telah menggandeng Gramedia Group dalam percetakan dan pendistribusian buku. Hal ini dimaksudkan dengan banyaknya gerai toko buku Gramedia di seluruh Pelosok Indonesia, masyarakat pun dapat dengan mudah mendapatkannya. Bahkan, Arsal berani memastikan jika buku ini akan dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.
"Kami jamin harga buku ini akan sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Ini juga sekaligus menjadi bukti bahwa Satpas Sim Daan Mogot terus dan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," tambahnya.
Selain itu, masih menurut Arsal, buku Pengetahuan Lalu Lintas ini juga dapat dijadikan referensi bagi Dinas Pendidikan dalam membuat kurikulum pendidikan dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah. "Materi dalam buku ini sangat lengkap dan kompleks, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi siswa di usia dini dalam pengenalan terhadap aturan dan tata tertib tentang lalu lintas," terang Kasi SIM Daan Mogot tersebut.

Buku Pengetahuan Lalu Lintas ini juga telah mendapatkan apresiasi dari Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Drs. Dwi Sigit Nurmantyas, SH, M Hum. "Pak Sigit sangat mengapresiasi dengan hadirnya buku ini. Ia pun mengatakan kehadiran buku "Pengetahuan Lalu Lintas" yang akan di launching dalam waktu dekat ini, merupakan salah satu bentuk realisasi dari kebijakannya dimana jajaran lalu lintas harus terus melakukan inovasi-inovasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,"

0 komentar :

Posting Komentar