Selasa, 29 Mei 2012

Bekasi Kab Juara 1 Road Safety Partnership Competition 2012 Triwulan 1

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld

info lantas   =>   Permasalahan lalu lintas di Bekasi Kabupaten dari tahun ke tahun semakin meningkat ditandai dengan pelanggaran kumulatif, tingkat kemacetan meningkat karena tidak sebanding dengan infrastruktur dan tingginya angka kecelakaan. Situasi lalu lintas pun kian pelik dengan cepatnya pertumbuhan kota Cikarang sebagai kota industri.
Permasalahan demi permasalahan tersebut perlu penanganan secara bersinergi antara instansi pemangku kepentingan dan masyarakat. Oleh karena itu Polresta Bekasi Kabupaten bersama Pemda Kabupaten Bekasi mendorong instansi terkait bidang lalu lintas tingkat Kabupaten untuk dapat bersinergi menangani permasalahan–permasalahan di bidang lalu lintas, baik kecelakaan, pelanggaran maupun kemacetan di wilayah masing–masing.
Sinergisitas terkini yang terus diupayakan adalah dengan merevitalisasi Kawasan Tertib Lalu Lintas, khususnya di Jalan Raya MH. THAMRIN LIPPO CIKARANG, Bekasi Kabupaten. Selain itu, juga penanganan minimalisir kecelakaan di area blackspot di Jalan Raya Pantura (Lemah Abang S/D  Kedung Waringin).
Rekayasa lalu lintas terus dilakukan, baik kanalisasi, gatur, dan pemasangan himbauan-himbauan tertib lalu lintas dan bahaya kecelakaan. Sosialisasi melalui media elektronik seperti on air radio dan melalui media cetak juga rutin dilakukan. Hingga akhirnya, hasilnya pun terus membaik. Angka kecelakaan terus menurun. Bahkan, di lokasi KTL Jalan Raya MH Thamrin Lippo Cikarang, sepanjang 2011 hanya terdapat 3 kejadian kecelakaan.
"Ini merupakan hasil jerih payah dari Polantas dan para stakeholders. Koordinasi terus kami lakukan sejak lahirnya program road safety tahun 2010 lalu," ujar Kasat Lantas Polresta Bekasi Kabupaten Komisaris Polisi Tri Yulianto, S.Ik,  Kamis (24/5/2012).
"Jalan Raya Lippo Cikarang merupakan salah satu sumbu utama lalu lintas di Cikarang. Selain itu, ini juga menjadi etalase kota Cikarang. Kota itu tertib atau tidaknya tergantung dari lalu lintas. Maka, sudah menjadi keharusan kami untuk mewujudkan dan memelihara Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas melalui kegiatan bersama dan sinergi sehingga terwujud kepatuhan dan displin lalu lintas di kawasan tertib lalu lintas dalam rangka mengurangi kemacetan  dan angka kecelakaan lalu lintas," terangnya.
Berkat usaha keras dari Sat Lantas Polresta Bekasi Kabupaten beserta para stakeholders, berbagai permasalahan tersebut dapat dikikis. "Kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan angkutan umum agar berhenti, menaik turunkan penumpang pada tempatnya. Pemasangan rambu-rambu lalu lintas dan pembaharuan marka jalan," lanjut Kompol Tri.
"Menyoal kendaraan roda dua, kami juga melakukan penertiban seperti kanalisasi di jalur kiri dan nyala lampu di siang hari. Selain itu, sosialisasi juga intens kami lakukan langsung kepada pelaku lalu lintas," sambungnya.

Jirih payah Sat Lantas Bekasi Kabupaten beserta para stakeholder pun tak sia-sia. Bekasi Kabupaten keluar sebagai juara Road Safety Partnership Competition 2012 Triwulan I (Revitalisasi KTL dan Blackspot) yang digelar Dit Lantas PMJ.
"Ini merupakan buah hasil kerja keras kami seluruh pemangku kepentingan lalu lintas. Semua pihak, baik dari Sat Lantas, Bina Marga, Satpol PP, Dinas Pertamanan, Dishup, dan masyarakat mendukung penuh kegiatan revitalisasi Kawasan Tertib Lalu Lintas di Jl Ahmad Yani ini. Terima kasih atas penghargaan ini," ujar Kadin Binamarga dan pengairan Bekasi Kabupaten H Jamaludin, saat menerima penghargaan di TMC Polda Metro Jaya. 

0 komentar :

Posting Komentar