Jumat, 19 Oktober 2012

Tips Berkendara Aman Melewati Kemacetan

Diposting oleh Muhammad Fakhrial Zld
INFO LANTAS   =>   
1. Jagalah jarak aman dengan kendaraan di depan anda. Jika anda terburu-buru & berkendara dengan kecepatan tinggi ditengah kemacetan, Anda sesungguhnya membahayakan keselamatan Anda sendiri.

2. Fokus! Pastikan anda berkonsentrasi dengan jalanan di hadapan anda.


3. Saat anda melihat ruang antara dua kendaraan, jangan terburu-buru memaksakan masuk kedalamnya. Pastikan ruang tersebut dapat dilalui kendaraan anda (sesuai dengan lebar kendaraan anda) dan pastikan tidak membahayakan pengendara lain.

4. Jangan memposisikan mobil anda parallel dengan kendaraan besar (seperti bus atau truck). Saat berada berdampingan dengan kendaraan besar, akan menyebabkan Anda kehilangan ruang pandang & bahkan pengendara lain tidak akan melihat keberadaan mobil Anda. Hal tersebut dapat menyulitkan pergerakan Anda dan pengendara lain, yang berujung pada kecelakaan.

5. Patuhi semua peraturan lalu-lintas. Itu semua untuk keamanan anda. Hormati setiap rambu-rambu lalu-lintas dgn mematuhi sesuai kaidah yang berlaku.Mematuhi peraturan dan rambu lalu-lintas adalah salah satu cara termudah untuk ‘enjoy’ & merasakan safety driving.

6. ‘good grip over the steering wheel’. Sebisa mungkin posisi duduk yang nyaman harus diterapkan agar Anda lebih leluasa dan sigap dalam mengoperasikan lingkar kemudi (stir). Disamping itu peting juga untuk memahami dan mampu mengoperasikan setiap teknologi yang ada di dalam mobil anda.

7. ‘Drinking and Driving’ (mengemudi usai minum minuman beralkohol) jelas sangat BERBAHAYA !!!Hal tersebut bahkan telah menjadi factor besar mengakibatkan kecelakaan di jalan. Tak perduli anda berkendara di jalan yang sepi, jalan tol, terlebih di jalan perkotaan yang padat, mengemudi dalam pengaruh alcohol adalah sangat berbahaya dan Dilarang Undang-Undang.

8. Jangan mengoperasikan handphone saat anda mengemudi. Bahkan meskipun kita menelepon dgn perangkat handsfree, percakapan telefon jelas akan mengurangi konsentrasi berkendara dan perhatian kita terhadap lingkungan sekitar. Jika telepon atau pesan SMS yang masuk Anda rasa sangat penting, sebaiknya Anda menepi di tempat yang aman.

9. Rencanakan rute perjalanan dengan cermat. Dengan merencanakan rute perjalanan & memperkirakan arus lalu lintas yg anda lalui, sedikit banyak anda telah menghemat waktu perjalanan anda. Mengetahui ‘jam-jam sibuk’ suatu jalur dpt menghindarkan diri Anda dari kemacetan.

0 komentar :

Posting Komentar